Jauhari Amin Tegaskan Pemerintah Aceh Harus Lebih Peka Tangani Keluhan Masyarakat Aceh Tamiang

Date:

Mediaanakbangsa.com, ACEH TAMIANG-Pasca banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tamiang beberapa waktu lalu, sejumlah tanggul di Kabupaten ini, terutama yang berada di hilir sungai tamiang jebol di hantam derasnya air banjir bercampur lumpur.

Kondisi jebolnya tanggul ini bukan kali pertama dirasakan masyarakat, seperti yang dialami masyarakat di Kecamatan Bendahara terutama yang berada di Daerah Aliran Sungai. Mereka harus kembali mengungsi bahkan ada yang kehilangan tempat tinggal.
Tidak hanya itu banjir kali ini merupakan yang terparah di rasakan masyarakat sejak 14 tahun lalu. Ini diperparah dengan jebolnya tanggul sehingga air begitu deras masuk dan merusak sejumlah lahan persawahan warga sekitar.

Berulangkali masyarakat mendesak Pemerintah Aceh untuk membantu membangun penahan tebing sungai ini, bahkan Gubernur Aceh didampingi unsur Forkopimda juga sudah pernah meninjau langsung dua tahun lalu, meski hingga saat ini belum ada realisasi apapun.

Kondisi ini yang disampaikan Anggota DPR Aceh, Dapil Aceh Tamiang Langsa, H Jauhari Amin,SH,MH  saat menghadiri rapat khusus penanggulangan bencana banjir, bersama Pemerintah Aceh, Kamis (12/01/22), pagi di Gedung DPR Aceh. “Saya tegaskan masyarakat korban banjir disana tidak hanya butuh Indomie,” ucap Anggota Komisi VI DPR Aceh ini.

Lebih jauh, Jauhari Amin menjelaskan bahwa keharusan Pemerintah Aceh untuk menyahuti dan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai solusi dalam menangani banjir yang kerap kali menghantui setiap kali curah hujan tinggi.
“Mereka disana merasa seperti bukan tinggal di Aceh, Gubernurnya seperti tidak peduli dengan keluhan masyarakat, sampaikan keluhan ini kepada Gubernur Aceh,” ujar Jauhari Amin sembari mengatakan seharusnya Gubernur Aceh hadir pada rapat ini.

Disisi lain Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 lalu dirinya bersama Pimpinan DPR Aceh pernah menemui kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) yang waktu itu dijabat Doni Monardo di Jakarta.

“Disana kita dengar langsung bahwa anggaran untuk penanganan DAS ada dan cukup besar, seharusnya anggaran itu bisa dijemput. Ini jangan sudah tidak mampu malah diam,” cetus Jauhari Amin.

Sikap kritis H Jauhari Amin sebagai wakil rakyat mendapat Apresiasi dari pemerhati sosial Aceh Tamiang, Saiful Alam,SE  menurutnya dari sekian Anggota DPR Aceh Dapil Aceh Tamiang Langsa, hanya Jauhari Amin yang berani lantang menyampaikan keluhan masyarakat yang berada di hilir sungai tamiang ini.

“Apa yang disampaikan Pak Jauhari itu merupakan keluhan masyarakat yang sejak dua tahun lalu dijanjikan akan dipenuhi, tapi sampai hari ini Pak Gubernur keliatannya sudah lupa bahwa Aceh Tamiang bahagian dari Provinsi Aceh,” cetus Saiful Alam.(RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Popular

More like this
Related

Masyarakat 22 Desa Kesekian Kalinya, Minta Pimpinan KPPB, Kembali Hasil Kebun Kami.

Mediaanakbangsa.com,Aceh Singkil- Kembali masyarakat turun kelahan kebun kelapa sawit milik...

Tinjau Gerai Vaksin Presisi Polres Kobar, Kapolda Kalteng Berikan Bingkisan Kepada Anak yang Vaksin

Mediaanakbangsa.com,Kobar - Disela kegiatan kunjungan kerja di wilayah hukum...

Ketua Umum GMBI Ditangkap! Ormas PPKP Aceh Berikan Pesan Serius

MEDIAANAKBANGSA.COM, SUBULUSSALAM- Tertangkapnya ketua umum Ormas Gerakan Masyarakat Bawah...

Terkait Kasus Dugaan Penipuan Syafriyal Ardy Mengucapkan Terimakasih Kepada POLRI Yang Telah Bersinergi Dengan Masyarakat

Mediaanakbangsa.com,Aceh Barat-Terkait Syahrial salah satu warga Meulaboh Aceh Barat...