Warga Bener Meriah protes terhadap terlalu cepatnya vonis covid-19 kepada warga

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Bener Meriah-
Lagi lagi 2 warga Bener Meriah terkonfirmasi dari hasil PCR Balitbangkes Aceh positif covid-19.

Berita 2 warga Bener Meriah tersebut cepat tersebar, baik di media online, cetak dan dari mulut kemulut di kabupaten penghasil kopi tersebut diantaranya BS ( 24 ) warga kampung Rembele laki-laki dan YL ( 55 ) perempuan warga kampung Serule Kayu.

Kedua warga kecamatan Bukit Bener Meriah tersebut, saat ini di rawat di Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh.

Beberapa warga dari kecamatan Bukit bersilaturahmi dengan beberapa wartawan media online, disalah satu kedai kopi di Simpang Tiga Redelong, Sabtu 25/07/2020.

Sementara topik dari kesemuan warga yang datang, semua mengeluhkan tentang terlalu banyak dan seringnya warga Bener Meriah di vonis positif Covid-19.

Salah seorang warga, Rahman mengatakan, akibat dari dampak pemberitaan akan seringnya RSU Muyang Kute mengeluarkan status pasien terindikasi Virus Covid- 19, mengakibatkan banyaknya warga mengurungkan niat untuk berobat pada rumah sakit kebanggaan warga Bener Meriah tersebut.

Bahkan ketakutan warga mengalahkan ketakutan mereka disaat konflik dahulu. Dan yang membuat kita masyarakat menjadi kecewa, setelah divonis positif, beberapa hari kemudian keluar lagi hasil yang menyatakan negati, tambah Rahman.

Dari kejadian tersebut membut dua hal yang terjadi di tengah masyarakat, takut dan hilang kepercayaan terhadap para medis yang notabenenya adalah orang-orang yang selama ini telah berjuang untuk kesembuhan warganya, ujar Rahman.

Tamliha, warga lainya juga menambahkan” kami ini masyarakat awam butuh ketenangan, seharusnya Pemerintah bijak dalam menyikapi hal ini, bukan hanya diam dan menonton. Warga butuh perlindungan diri, cari yang terbaik.

Kenapa daerah lain dapat meminimalkan keadaan, bahkan sampai mampu menghilangkan kenapa Bener Meriah tidak. Ini bukti ketidak mampuan ataupun salah dalam menempatkan fungsi tugas yang seharus bekerja menangani untuk pencapaian yang baik, ini malah sebaliknya.

Pemerintah bertanggung jawab penuh akan hal ini, karena anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk penangganan covid-19 cukup besar. Kenapa anggara yang besar membuat kita semakin tak berdaya, tutupnya.

Setelah mendengar keluhan warga, beritaanakbangsa mencoba menghubungi direktur Rumah Sakit Umum Muyang Kute, dr. Sri Tabahati, SP. An melalui telepon selulernya.

dr. Sri menerangkan” yang pertama yang harus kita klarifikasi terlebih dahulu adalah bahwa Rumah Sakit kita adalah bukan Rumah Sakit Rujukan Covid-19.
Jadi apabila ada pasien yang dicurigai terinveksi virus Corona-19, kami dari pihak Rumah sakit akan membuat rujukan kepada rumah sakit yang sudah menjadi rujukan terhadap Covid-19 tersebut.

Yang kedua, itu kita lakukan bukan serta merta tanpa melalui proses uji tahapan yang kita lakukan sehinga menghasilkan yang semua orang pasti tidak menginginkanya. Semua yang kita jalani sudah sesuai aturan atau protokol penanganan terhadap pasien yang dicurigai terindifikasi positif terhadap virus yang mematikan tersebut.

Direktur RSU Muyang Kute juga, menjelskan bahwa tenaga medis RSU Muyang Kute yang menjadi tenaga relawan pada RS Wisma Atlit, belum kita izinkan untuk masuk bekerja, jadi selama ini beliau sudah melalui tahapan Swab dan karantina saat di Jawa.

Bahkan sesampai di Bener Meriahpun beliau belum kita izinkan untuk masuk kerja, walaupun hasil test tenaga relawan tersebut sampai hari negatif. Dan sampai hari masih kita istirahatkan di rumah beliau.

Jadi tidak benar kalau isu yang beredar, perawat ataupun petugas medis sebanyak puluhan orang tersebut diperiksa akibat tertular dari teman mereka sesama petugas RS Muyang Kute.

Di akhir pembicaraan, beliau mengatakan sesuatu hal yang wajar seandainya ada warga yang merasa kecewa dan protes terhadap hasil yang dilakukan pihak medis Rumah Sakit muyang kute, untuk itu kami butuh peran penuh pemerintah daerah dan masyarakat Bener Meriah agar kita tidak lagi melahirkan pasien yang baru dimasa yang akan datang. ( wak chai )

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *