Danrem 011/LW Buka Latihan Posko-I Kodim 0104/Atim

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Langsa – Bila mencermati perkembangan situasi dan kondisi geografis provinsi aceh secara menyeluruh, aceh sangatlah rentan terhadap musibah bencana alam khususnya di wilayah Korem 011/Lilawangsa dan jajarannya termasuk wilayah Kodim 0104/Aceh Timur yang sangat rentan terhadap musibah KARHUTLA (kebakaran Hutan dan Lahan).

Sehubungan dengan hal tersebut Korem 011/LW selaku satuan komando kewilayahan (Satkowil) yang membawahi satuan Kodim di wilayah jajarannya, terus melakukan upaya dan menyiapkan kemampuan satuan agar dapat dikerahkan dalam rangka melakukan tugas penanggulangan bencana alam di wilayah tanggung jawabnya masing – masing, “amanat tersebut yang disampaikan Danrem 011/LW Kolonel Inf Sumirating Baskoro, S.E saat membuka Latihan Posko – I Kodim 0104/Atim, yang bertempat di Aula Atas Makodim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (23-06-2020).

Lanjut Danrem, pada pelaksanaan penanggulangan bencana alam yang dilakukan oleh satuan jajaran Korem 011/LW, tentunya tetap selalu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya sesuai tatanan dan wewenang tugas TNI dalam membantu penanggulangan bencana alam di wilayah, yang merupakan implementasi dan realisasi dari Undang-Undang ( UU ) Republik Indonesia Nomor 34 tentang tugas TNI, diantaranya melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ).

Oleh sebab itu, TNI harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi di wilayah, maka Korem 011/LW selalu melakukan pembinaan satuan jajarannya dalam rangka menyiapkan satuan dan kemampuan personelnya untuk dapat melaksanakan tugas perbantuan yang tergabung dengan satuan tugas badan penanggulangan bencana daerah dan instansi terkait lainnya agar rantai komando terkoordinasikan sesuai prosedur perlu dilatihkan melalui kegiatan Latihan Posko – I Kodim 0104/Atim yang saat ini akan kita laksanakan, “tegasnya.

Tujuan diselenggarakannya Latihan Posko – I ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan tehnik, olah yudha, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam suatu Posko – I serta kodal operasi.

Selain itu, kegiatan Latihan Posko – I ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman, masukan dan ilmu pengetahuan tentang mekanisme kerja dan kendali operasi dalam penanggulangan bencana alam yang melibatkan instansi terkait seperti unsur Basarnas, BPBD, Pemda, Polri dan sebagainya, “jelasnya.

Danrem juga berharap, dalam pelaksanaan penyelenggaraan Latihan Posko – I, Kodim 0104/Atim mampu disesuaikan dengan rencana garis besar yang telah ditetapkan agar tujuan dan mekanisme kerja prosedur hubungan Komandan dan Staf berjalan aman, tertib dan lancar sesuai sasaran latihan yang diharapkan, “pungkas Danrem.

Perlu diketahui bersama pelaksanaan Latihan Posko tersebut akan dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari mulai tanggal 23 – 25 Juni 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ka. Wasev Latihan Posko – I Kodim 0104/Atim Kolonel Inf Riyanto S.I.P, Dandim jajaran Korem 011/LW, Kapolres Langsa AKBP Giyarto, SH, S.IK, Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM, Ketua DPRK Langsa Zulkifli Latif, Pa. Staf Olah Yudha (Kasi Ops Rem 011/LW) Mayor Inf Andri Sagita Putra, Danyon Raider Khusus 111/KB yang diwakili Pasintel Kapten Inf Prima Aditya, dan Peserta Latihan Gladi Posko Kodim 0104/Atim.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *