SemangatREFORMAAGRARIA TanahObjekReformaAgRedisTribusiTanah ACEH TIMUR

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Aceh Timur-Setelah SUKSES kegiatan REDISTRIBUSI TANAH ACEH TIMUR Tahun 2020, tim Bpn Aceh Timur bersama DPRK, PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TIMUR, Babinsa dan Bhabinkamtibmas tetap memiliki KOMITMEN untuk menSUKSESkan PENYEDIAAN LAHAN melalui kegiatan REDISTRIBUSI TANAH TAHUN 2021 kepada masyarakat termasuk kepada para Eks.Kombatan GAM di ACEH TIMUR.


Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, Reforma Agraria adalah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui Penataan Aset dan disertai dengan Penataan Akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Penataan Aset adalah penataan kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah dalam rangka menciptakan keadilan di bidang penguasaan dan pemilikan tanah. Penataan Akses adalah pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lain kepada Subjek Reforma Agraria dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemanfaatan tanah, yang disebut juga pemberdayaan masyarakat. Tanah Objek Reforma Agraria yang selanjutnya disingkat TORA adalah tanah yang dikuasai oleh negara dan/atau tanah yang telah dimiliki oleh masyarakat untuk diredistribusi atau dilegalisasi.
Reforma Agraria bertujuan untuk :
(a). mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan; (b). menangani Sengketa dan Konflik Agraria; (c). menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria melalui pengaturan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah; (d). menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan; (e). memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi; (f). meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan; dan (g). memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup.(Red)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *