Sejahterakan Masyarakat Aceh Timur Melalui Kebun Kopi Robusta

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Aceh Timur – Aceh, salah satu daerah di Indonesia yang merupakan pemasok kebutuhan kopi arabika di dunia dan penghasil kopi terbesar di Asia. Kopi gayo yang menjadi andalan, ternyata bukan satu-satunya yang dibudidayakan di sana, Di Kabupaten Aceh Timur.

Tepatnya di Desa Blang Tualang dan Jambo Labu, dibuat program Reforma Agraria dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur, yaitu dengan menghasilkan kopi robusta.

“Secara geografis ketinggian kedua desa tersebut kurang dari 1.000 mdpl maka akan lebih cocok jika ditanami kopi robusta.

Juga wilayah tersebut memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik, sangat cocok untuk perkebunan kopi jenis itu,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur Yuliandi Djalil, yang dihubungi oleh Tim Humas melalui telepon, pada Sabtu (11/4/2020). Meskipun di tengah munculnya pandemi Covid-19, yang membawa dampak signifikan ke perubahan dunia, mulai dari aspek ekonomi, sosial, hingga kehidupan sehari-hari, hampir tak ada yang bisa berkelit dari kemunculan virus Covid-19 ini. Tetapi hal tersebut tak menghalangi Kementerian ATR/BPN terus berkomitmen untuk menyejahterakan masyarakat melalui program tersebut. Tentunya dengan terus memperhatikan protokoler dalam bekerja selama masa pademi.
Walaupun Gampong Reforma Agraria ini baru berjalan, maka dibutuhkan perhatian khusus dari masyarakat desa maupun pemerintah daerah. Sehingga diharapkan ke depannya, setiap perkembangan program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan bukan hanya Desa Blang Tualang dan Jambo Labu saja tetapi akan ada desa lainnya sehingga kesejahteraan masyarakat akan merata. (Red)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *