Diduga Puskesmas Julok dan Simpang Ulim Telah Terima bantuan APD dari Warga Tionghoa.

Bagikan


Mediaanakbangsa.com,Aceh Timur-Tenyata aksi warga keturunan Tionghoa sebelumnya telah menyambangi ke beberapa Puskesmas di kabupaten Aceh Timur, diantaranya Puskesmas Simpang Ulim dan Puskesmas Julok.

Rombongan orang-orang mata sipit membawa masker, alat pelindung diri (APD), dan obat-obatan, anehnya para kepala Puskesmas dikabarkan menerima bantuan tersebut tanpa bertanya atau mengetahui secara pasti legalitas dan prosedur pemberian bantuan alat alat kesehatan yang menyangkut dengan Covid 19.

Hal ini terungkap dari informasi yang dibagikan oleh Anggota DPRK Aceh Timur, Muhammad alias Amat Leumbeng di akun facebooknya, Rabu 10 Juni 2020.

Dari informasi yang di himpun kelompok Tionghoa tersebut dari Buddha Suchi Medan. Sementara alat alat kesehatan APD, masker dan lainnya yang sudah terlanjur diterima masih tersimpan rapi, belum digunakan oleh para medis di Puskesmas tersebut.

Sejauh ini terhadap para warga Tionghoa yag menyambangi tempat pelayanan Kesehatan di Kabupaten Aceh Timur belum ada satu pihak pun yang memberikan tanggapan atas kegiatan yang dianggap meresahkan sejumlah warga awam di Aceh Timur.

Seperti di beritakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, Syahminan, M Kes mengatakan tidak mengetahui keberadaan warga Tionghoa itu di beberapa Puskesmas termasuk Rumah Sakit Sultan Abdul Aziz Syah Perlak untuk memberikan bantuan APD dan masker.

“Keberadaan mereka belum berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Aceh Timur termasuk Dinas Kesehatan,” tulisnya melalui pesan WhatsApp.

Namun sebelumnya tindakan tegas dari Direktur RS Abdul Aziz Syah Peureulak, dr Darma dengan menolak keras bantuan dari warga Tionghoa yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

Penolakan itu dilakukan karena mereka tidak mampu menunjukkan kelengkapan administrasi serta tidak ada pendampingan.

“Ini tidak lazim bantuan orang dari luar Aceh itu, masuk ke Puskesmas atau rumah sakit di Aceh Timur tanpa dokumen resmi” ungkap dr Darma.

Menurut akun Facebook, Ahmad Lembeng pada saat kelompok Tionghoa berada di RS Abdul Aziz Syah bersamaan dengan kedatangannya ke rumah sakit itu untuk menjenguk keluarga nya dari Ranto Peureulak yang sedang Dirawat inap

Pada Keterangan akun Facebook Ahmad, ianya sempat bersitengang dengan warga Tionghoa itu, karena ketika ditanya mengenai bantuan dan izin mereka tidak dapat menjawab.

Hingga berita ini ditayangkan pukul 22.00 Wib Meddiaanakbangsa.com belum mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai warga Tionghoa itu, setelah sebelumnya di angkut ke Polsek Peureulak. (Red)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *