Panen Raya, Bupati Aceh Singkil Bantu Petani Ngarit Padi

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Aceh singkil– Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid membantu petani ngarit padi, Panen raya padi biasanya hanya diisi dengan kegiatan seremonial tetapi beda dengan Bupati aceh Singkil, Walau pembawa acara telah menyatakan kegiatan seremonial panen padi selesai, Panen padi di Desa Lae Balno, Kecamatan Danau Paris, Rabu (3/6/2020).

Setelah itu, ia juga melanjutkan dengan membantu petani memisahkan padi dari batangnya. Bukan dengan mesin, Bupati mencontohkan memisahkan padi dari batangnya secara tradisional dengan dipukul-pukulkan.

Setelah itu Bupati menunggu hasil panen selesai ditimbang agar mengatahui produksi per hektarnya. “Per hektar 6,8 ton gabah basah.

“Saya minta Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan serta Dinas Tanaman Pangan melakukan pembinaan intensif agar hasil panen meningkat,” kata Bupati.

Panen raya padi dilakukan di areal sawah seluas 32 hektar. Terletak di lembah, sehingga menuju lokasi Buapati bersama para pejabat jalan kaki melewati jalan naik turun.

Hal ini sebagai antisipasi kerawanan pangan dalam pandemi Covid-19. Bupati juga imbau petani tidak melakukan alih fungsi lahan sawah menjadi kebun sawit. Mengingat tanaman pangan sangat dibutuhkan.

Kegiatan panen raya di sawah milik petani Lae Balno tersebut turut dihadiri Ketua DPRK Aceh Singkil, Hasanudin Aritonang, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Aceh Singkil, Kuatno, Kepala Dinas Tanaman Pangan Aceh Singkil, Abd Haris, Kepala Dinas Investasi Penanaman Modal dan Perizinan Aceh Singkil, Aidil Yudi Irawan, Camat Danau Paris Zulhelmi, Muspika Danau Paris dan pejabat lain. Dalam kesempatan itu Bupati Aceh Singkil , meminta petani langsung menggarap sawah setelah panen. (Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *