Sebanyak 6211 menerima bansos dari pemerintah Aceh Tengah

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Aceh Tengah-
Pemerintah kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Sosial kabupaten Aceh Tengah bekerja sama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan PT. Pos Indonesia hari ini Selasa 12/5/2020 menyalurkan bantuan sosial tahap pertama yang dilakukan oleh kabupaten Aceh Tengah selama tiga tahap dengan besaran Rp. 600.000 ( enam ratus ribu rupiah ).

Kepala dinas sosial kabupaten Aceh Tengah, Aulia Putra, kepada awak media mengatakan” Besaran bantuan ini diakumulasi selama tiga tahap sebesar Rp. 1.800.000,- ( satu juta delapan ratus ribu rupiah ).

Penyaluran bantuan sosial ini di lakukan penyalurannya secara mandiri, oleh pelaksana yang sudah ditentukan yaitu PT. Pos Indonesia Takengon sebanyak 5780 KPM, Bank BRI cabang Takengon sebanyak 381 KPM dan terakhir Bank BNI cabang Takengon sebanyak 50 KPM, jadi total keseluruhan keluarga penerimaan manfaat ( KPM ) Aceh Tengah sebanyak 6211 keluarga penerimaan manfaat, terang Aulia.

Aulia menambahkan, dari total 6211 KPM yang ada di kabupaten Aceh Tengah tersebut, dana yang akan di keluarkan sebesar Rp 3.726.600.000,- ( tiga milyar tujuh ratus dua puluh enam juta enam ratus ribu rupiah ). Dan untuk penerima manfaat itu sendiri sudah masuk kedalam data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS ).

Kegiatan penyaluran yang dilakukan hari ini serentak di seluruh kantor pos yang ada di kabupaten Aceh Tengah, seperti kantor pos cabang Takengon, kemudian kantor pos pembantu kecamatan Bintang, Pegasing, Isaq dan Angkop. Sedangkan untuk penyaluran yang menggunakan jasa perbankan di lakukan oleh pihak Bank masing-masing.

Untuk menghindari kerumunan warga yang hadir dan agar tidak terjadinya warga yang berdesakan dimana saat ini kita juga sedang melaksanakan tahap proses pemutusan mata rantai virus Corona-19, pihaknya melakukan metode penyaluran dalam satu hari sebanyak 400 orang dengan pembagian, 200 orang di pagi hari, dan 200 orang di siang hari,jelas Aulia Putra.

Ketika awak media menanyakan proses penyaluran bantuan sosial tunai sudah dilaksanakan mulai hari ini bagaimana untuk proses penyaluran bantuan sembako yang juga dilakukan oleh dinas sosial kabupaten Aceh Tengah. Menjawab pertanyaan tersebut Aulia menegaskan, ” Sampai saat ini kita terus melakukan validasi data, agar nantinya didalam penerimaannya atau sipenerima tumpang tindih. Untuk itulah kita harus melakukan validasi data yang benar-benar valid agar tidak menimbulkan masalah nantinya dikemudian hari.

Langkah yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Aceh Tengah ini perlu kita beri dukungan dan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Aceh Tengah perlu di contoh oleh kabupaten lain yang belum melakukan proses penyaluran bantuan sosial tersebut.

Pemerintah dalam melakukan penyaluran, melakukan sesuai kebutuhan dan kondisi masyarakat dengan tidak mengedepan aturan yang kaku, sehingga membuat masyarakat terbeban dan bingung.

Sebagai contoh apabila dilakukan penyaluran bantuan sosial hanya dengan mengunakan satu sarana saja, maka akan memberatkan masyarakat itu sendiri nantinya. Karena apabila masyarakat yang berada di paling pelosok harus turun ke kota untuk mencairkan dana milikinya, sedangkan ia harus mengeluarkan biaya transportasi yang besar, maka nantinya bantuan tersebut menjadi tidak bermanfaat. Karena habis hanya transportasi mereka.( Chai )

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *