Jefri Sekretaris komisi D Dprk kota subulussalam mendesak pemerintah kota subulussalam membantu logistik para mahasiswa yang terjebak di pulau jawa akibat covid-19

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Subulussalam-Para putra putri daerah yang berada di pulau jawa meminta pemerintah kota subulussalam segera melakukan langkah langkah terhadap para pelajar/mahasiswa dan pekerja asal kota subulussalam yang terisolasi (PSBB) di beberapa Provinsi di pulau jawa sejak pemerintah beberapa provinsi di pulau jawa melakukan penerapan sosial bersekala besar (PSBB) atau mengisolasi akses keluar-masuk karena virus corona yang mewabah di kota kota besar di pulau jawa.

Menurut Jefri( Sekretaris Komisi D DPRK) tersebut , sejauh ini tak ada putra putri dari kota subulussalam yang terjangkit virus corona, akan tetapi mereka berharap bisa segera dibantu logistik karena ekonomi keluarga di kampung halaman sedang terjepit karena beberapa kebijakan pemerintah berdampak pada penghasilan orang tua adik adik kita di pulau jawa yang sebagian besar pedangang sayur dan petani.

“Kondisi adik adik tidak sebaik pada awal kota ini ditutup atau di PSBB. Awal-awal masih tenang dan tidak panik tetapi karena pemberitaan orangtua mereka khawatir, sekarang psikologi mereka agak tertekan dan minta dipulangkan,” namun terhadang karena penerbangan beberapa bandara di tiadakan.ditambah lagi kiriman orang tua mereka juga mengalami kesulitan karena penghasilan dari jualan sayur dan hasil dari ladang sedang tidak stabil ujar sekretaris Komisi D DPRK pada minggu (28/04/2020) dikutip lewat telpon.

Terdapat sebanyak 49 mahasiswa dan 8 orang pekerja asal subulussalam yang ikut terisolasi di beberapa kota di pulau jawa, dari total sekitar 57 putra putri kota subulussaam yang kuliah dan bekerja di pulau jawa itu sedang terjebak yang terdata.

Menurut Jefri, pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan beberapa pengurus organisasi di beberapa provinsi di pulau jawa mengenai nasib puluhan adik adik kita di pulau jawa.

Mayoritas mahasiswa asal kota Subulussalam sudah pergi mudik sebelum berlakunya PSBB di kota kota besar di pulau Jawa. 3 minggu sebelum kebijakan pemerintah DKI Jakarta misalnya menerapkan PSBB, mengaku masih bisa kita berbelanja di beberapa supermarket, Saat itu katanya dia belum terlalu khawatir soal wabah virus corona.

Setelah itu, Jakarta melakukan PSBB yang biasanya memang sepi karena tradisi mahasiswa/i di kota pelajar jogja saat itu mudik, kini menjadi lebih sepi akibat wabah virus corona makin parah di kota kota besar di pulau jawa. Transportasi umum tidak beroperasi. Warga setempat bepergian hanya untuk keperluan mendesak.

Seluruh peguruan tinggi tutup dan turut mengundur waktu dimulainya semester baru dari yang semestinya, sampai waktu yang belum ditetapkan.

Melalui sambungan telepon, adik adik kita yang berada di asrama(rumah di sewa) mengatakan, “Dari kampus sudah mewanti-wanti kalau tidak perlu ya tidak usah keluar, juga dianjurkan untuk tidak ke tempat umum seperti pasar dan stasiun, kecuali untuk keperluan logistik.

Saat ini sesuai keterangan adik adik kita di pulau jawa harga sejumlah bahan makanan jadi lebih mahal dari biasanya, walaupun kenaikannya di sejumlah tempat perbelanjaan di sekitar perguruan tinggi tak signifikan.

Mereka mau bekerja untuk uang tambahan meringankan beban orangtua mereka yang saat ini juga sedang kesulitan ekonomi di kampung halaman,tidak mungkin para pekerja di jawa saja banyak yang di PHK.

Jefri menjelaskan sejauh ini mereka adik adik kita yang terjebak di pulau jawa kekurangan bahan makanan walaupun karena terisolasi di dalam Kota dan uang belanja dari orang tua adik adik kita di subulussalam ini juga sulit,akses komunikasi saat ini masih lancar, membuat mereka di jawa bisa terus mengabari situasi terbaru kepada keluarganya di kota subulussalam.

“Kadang kami harus berhati-hati mengabari keluarga bahwa yang terjadi tidak semengerikan itu, kami memang diharapkan terus menjalin komunikasi dengan keluarga agar mereka tidak khawatir,” sebutnya kepada Jefri sebagai perwakilan rakyat di tanah kelahiran mereka.*(junaidi)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *