Wanita Lansia Mengaku Asal Aceh, Terlantar di Malaysia, Begini Ceritanya

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Jakarta – Seorang wanita lansia mengaku bernama Ummi Fatimah Binti Hermansyah yang disinyalir berasal dari Aceh terlantar di Malaysia, setelah sebelumnya sempat dilaporkan oleh majikannya kepada pihak kepolisian daerah Rawang, Negara Bagian Selangor.

Informasi terkait kondisi Ummi Fatimah sendiri disampaikan H. Sudirman atau Haji Uma, Anggota DPD RI pada Rabu, 12 Februari 2020.

Menurut cerita Haji Uma, dirinya dihubungi oleh Relawan NKRI di Malaysia dan melaporkan kondisi Ummi Fatimah, karena yang bersangkutan menyebut berasal dari Aceh.

Sementara itu, tidak ada dokumen dan identitas sama sekali yang dimiliki oleh yang bersangkutan.
Dari kronologis yang diceritakan oleh relawan NKRI kepada Haji Uma, Ummi Fatimah telah bekerja di Malaysia sekitar 15 tahun, setelah majikannya meninggal kemudian tinggal dan bekerja pada anak majikannya.

Mirisnya, pada Minggu (9/2/2020) pagi, Ummi Fatimah dilaporkan ke pihak polisi oleh majikannya sendiri dengan tuduhan pencurian. Anehnya, tak lama kemudian laporan tersebut dibatalkan oleh majikannya. Sehingga polisi kebingungan karena terlapor sudah berusia lanjut dan lantas meminta bantuan kepada relawan NKRI.

“Kita mendapat laporan dari relawan NKRI di Malaysia terkait kondisi Ummi Fatimah karena beliau sempat menyebut berasal dari Aceh. Saat ini beliau dalam pendampingan relawan NKRI dan ditampung di shelter di Kampung Pandan, Kuala Lumpur”, ujar Haji Uma.

Haji Uma melanjutkan jika dirinya terus menjalin komunikasi dengan relawan NKRI terkait perkembangan kondisi Ummi Fatimah. Relawan NKRI juga sedang bekerja menelusuri data diri Ummi Fatimah serta menginvestigasi kemungkinan terjadinya tindak kekerasan oleh majikan kepada Ummi Fatimah sebelumnya.

“Menurut keterangan yang saya terima, ada kemungkinan terjadinya kekerasan serta pengingkaran hak gaji oleh majikan kepada Ummi Fatimah. Hal ini sedang ditelusuri dan kemungkinan dokumen Ummi Fatimah ditahan majikan”, ungkap Haji Uma.

Kesulitan penelusuran identitas Ummi Fatimah sendiri dikarenakan yang bersangkutan tidak banyak berbicara dan lupa asal usulnya di Aceh. Sepintas dirinya sempat menyebut berasal dari Lhokseumawe dan pernah tinggal di Banda Aceh sebelum ke Malaysia.

Karena itu, Haji Uma berharap bagi siapapun masyarakat Aceh yang merasa mengenal dan mengetahui sosok Ummi Fatimah harap membantu informasi untuk kemudahan advokasi bagi Ummi Fatimah.

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *