Inspektorat Aceh Singkil Semakin Intens Koordinasi Dengan Kejari Terkait Temuan LHP

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Aceh Singkil – Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil sudah menerima pengembalian dana desa temuan Laporan Hasil Pemeriksaan(LHP) sebanyak Rp 1,1 Miliar dari total jumlah Rp 4 Miliar yang menandakan mantab.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil M Hilal, Rabu 5 Februari kepada Mediaanakbangsa.com mengatakan temuan LHP Inspektorat itu dikembalikan baru sebanyak 40 Kampung dari 116 desa yang diharapkan betul-betul independen.

“Proses pengembalian temuan LHP pengawas internal daerah rentang waktu lima tahun terakhir, yakni sejak tahun 2015 hingga 2019,” ungkapnya.

Sehingga, kata Hilal pemulangan temuan kas dana desa itu sangat lama, karena melibatkan kepala desa lama, para Pj dan proses entri ke dalam data laporan.

Dirinya juga menyampaikan hingga sampai saat sekarang ini masih menerima dana desa temuan LHP Inspektorat tahun anggaran 2015-2019.

Hilal menjelaskan, pemulangan temuan LHP Inspektorat itu dipertegas pasca rapat koordinasi 12 Desember 2019 lalu di aula Setdakab setempat. Kegiatan itu dihadiri 116 Kepala Desa, Forkopimda, dan para undangan lainnya. Tujuannya tidak lain tidak bukan, hanya untuk pencerahan.

“Pada saat itu pencerahan dari pihak Kepolisian, Kejaksaan supaya para Kepala desa ini, bisa menyikapi temuan-temuan Inspektorat baik sifatnya administrasi maupun pengembalian ke kas desa, wajib ditindak lanjuti,” jelasnya.

Dalam pertemua itu, kata Hilal, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, juga sudah mengingatkan dan memberikan limit waktu 30 hari, agar Kepala-Kepala Kampung yang aktif, tidak aktif, dan para Pj desa sejak tahun 2015 hingga 2019, menindak lanjuti dan mengembalikan temuan dan rekomendasi LHP Inspektorat.

Namun, limit waktu 30 hari berlalu, pengembalian temuan LHP Inspektorat itu, tidak bisa dipaksakan lunas begitu saja, tidak mungkin. Hasil koordinasi sejumlah Kepala Kampung mereka sudah ada niat mau mengembalikan ya kita tunggu.

Hilal juga mengakui, sejumlah media mendesak terkait upaya sangsi perangkat desa masih banyak yang belum memulangkan hasil temuan LHP, namun kita beri tenggang waktu lagi.

“Dua pekan terakhir, sudah banyak kita menerima bukti-bukti pembayaran ke Bank Aceh, terkait pemulangan temuan LHP dua pekan terakhir, yang diberikan 40 lebih Kepala desa walau belum lunas,” ujarnya.

“Artinya pihak Inspektorat hingga sampai saat ini masih menerima, pengembalian bukti pemulangan temuan LHP itu dan tidak ada batas limit waktu,” ujarnya.

Insya Allah, kata Hilal, pihak Inspektorat amanah dalam menangani upaya Kepala Desa dalam proses pemulangan tuan LHP.

Kemudian pihaknya juga semakin intens berkoordinasi dengan Kejaksaan, dan tinggal menunggu waktu diantara 116 desa ini, pihak Kejaksaan yang akan memutuskan dan memilah yang diprioritaskan.(Wahyu)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *