Penyakit yang mengintai siswa/murid jika sekolah kotor

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Aceh Singkil-Kebersihan SMP Negeri 2 Pulau Banyak Memprihatinkan, Sebab Tempat Sampah dan Petugas Kebersihan Tidak Ada

Lembaga pendidikan SMP Negeri 2 Pulau Banyak sangat memprihatinkan bagi dunia pendidikan Aceh Singkil, karena lingkungan sekolah kotor, banyak penyakit di karenakan lingkungan kotor, sperti malaria, Tbc, dll.

SMP Negeri 2 Pulau Banyak terletak di Desa Asantola Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil.

Pantauan mediaanakbangsa.com di sekolah, senin (27/01/2020) sekira pukul 10:30 WIB, setelah bunyi bel yang menandakan waktu istirahat telah usai, ditemukan siswa sedang membersihkan ruang kelas dan tumpukan sampah di depan kelas.

Seorang guru yang tidak ingin diketahui namanya, mengatakan kepada wartawan, bahwa SMP Negeri 2 Pulau Banyak tidak memiliki petugas kebersihan.

“Petugas kebersihan di SMP ini memang tidak ada” Ucapnya

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pulau Banyak saat dikonfirmasi, membenarkan untuk petugas kebersihan sekolah memang tidak ada, terkait tempat sampah di ruang kelas bukan tidak ada namun telah rusak.

“Memang tidak ada (petugas kebersihan), tong sampah bukan gak ada lo pak, habis rusak semuanya, dulu di buat (tempat sampah) dari kayu (papan), itu setiap ruangan ada, habis rusak” Kata Asmawarni, Senin (27/01/2020)

Terkait masalah siswa sedang membersihkan ruang kelas yang kotor setelah jam istirahat, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Aceh Singkil, Murmo, S. Pd, ketika dikonfirmasi wartawan(04-02-2020) mengatakan SMP Negeri 2 Pulau Banyak memang belum ada petugas kebersihan.

“Sebenarnya masalah ini, kan kita gini, petugas kebersihan gak ada khusus, ketika kita sekolah pasti di buat struktur kelas, wali kelas siapa, ketua, sekretaris, seksi kebersihan dan pasti setiap siswa ada jadwal, hari senin, selasa, rabu, itu tujuannya untuk membersihkan sekolah, karena tidak ada khusus dana untuk itu dan itu yang bisa cuma sekolah-sekolah besar”. Kata Murmo

Murmo akan mengingatkan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pulau Banyak, Asmawarni, terkait lingkungan sekolah yang jorok untuk membenahinya,(deni meliala/Wahyu)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *