Ketua Dewan Adat Gayo Tagore menuai kritikan tentang Tambang

Bagikan

Beritaanakbangsa.com, Takengon-
Sekretaris Aksi Kesetiakawanan Sosial Indonesia Raya ( AKSIRA) provinsi Aceh, Chaidir, yang kedua orang tuanya berasal dari tanah gayo Takengon, menyayangkan pernyataan ketua Dewan Adat Gayo ( DAG ) Tagore Abubakar, beberapa waktu lalu disalah satu media, tentang dukungan rencana kehadiran tambang emas PT. Linge Mineral Resaurce ( LMR) di kecamatan Linge kabupaten Aceh Tengah.

Berita ini menuai kontroversi dari banyak kalangan mulai dari aktivis lingkungan, Lsm, tokoh masyarakat Linge, Mahasiswa dan mantan kombatan GAM. Dari keseluruhan element mempertanyakan pernyataan yang di keluarkan oleh ketua DAG Takengon,Dimana yang seharusnya dewan adat melindungi alam hayati yang ada didataran tinggi tanah gayo seperti air, tanah, hutan dan udara agar kesejukan dan keindahan dataran tinggi tanah gayo dapat di nikmati sampai ke generasi seterusnya,Ini malah sebaliknya mendukung keberadaan Tambang, ujar Chaidir.

Chaidir menambahkan, Seharusnya beliau selaku Ketua adat yang sudah dipercayakan oleh masyarakat Gayo, memikirkan bagaimana kehidupan masyarakat gayo dimasa yang akan datang. Jangan hanya memikirkan keutungan sesaat yang nantinya akan mendatangkan mudarat bagi di kehidupan akan datang.

Dewan Adat Gayo ( DAG), ada sebagai alat pengontrol Pemerintah. Jadi Tagore harus menyadari jangan sampai ada imej di masyarakat bahwa ketua dewan adat gayo saat ini adalah salah bahagian dari perusahaan tambang tersebut.

Saya pribadi berharap, ketua dewan adat gayo ( DAG), mencabut pernyataan sikap atas dukungan yang sudah terlanjur ia keluarkan, jangan sakiti hati masyarakat. Biar semua kebijakan dan keputusan kita serahkan kepada yang berwenang, dan kita juga berharap pemerintah didalam mengeluarkan izin jangan hanya memikirkan untuk kehidupan hari ini, tambah Chaidir.

Bapak Plt. Gubernur Aceh yang notabenenya juga asli dari dataran tinggi tanah gayo, mari pak kita kaji Ulang dan mari sama sama kita jaga kelestarian tanah kampung halaman kita. (Chai)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *