Warga mengeluh, jalan jadi macet disebabkan parkir sembarangan Di badan jalan sempit

Bagikan

Mediaanakbangsa.com,Takengon-Parkir mobil sembarangan yang ada di jalan Sengeda ( tetapi lebih dikenal dengan nama jalan Lintang ), tepatnya dari mulai depan terminal lama sampai dengan BRI Unit, menyebabkan macet.

Pasalnya, teras toko yang seharusnya menjadi lokasi parkir bagi konsumen tidak dapat digunakan sebagai tempat parkir, karena digunakan juga sebagai tempat memajang dagangan sehingga pengunjung harus memarkirkan kendaraan baik roda dua maupun empat di badan jalan. Sehingga pada jam-jam tertentu terjadi penyumbatan jalan sehingga mengakibatkan macet.

Pantauan Mediaanakbangsa.com di jalan lintang parkiran dibadan jalan disebabkan karena si pemilik toko tidak menyediakan tempat parkir sehingga pengunjung harus memarkirkan kendaraan nya di badan jalan sehingga pada jam-jam tertentu, jalan tersebut menjadi macet. Hal ini bukan saja terjadi di jalan lintang tetapi juga di jalan pasar Inpres juga mengalami hal yang sama, beda hal nya dengan jalan pasar Inpres, walaupun dijalan tersebut ada petugas parkir tetapi parkiran masih juga semerawut, petugas memarkirkan kendaraan di kanan kiri jalan padahal badan jalan tergolong kecil dan sempit.

Salah seorang pengunjung, Aman Evi ( yus ) 42 tahun, mengatakan kepada Mediaanakbangsa tidak tahu kita harus menyalahkan siapa, karena peraturan dibuat oleh pemerintah, apabila peraturan tidak dibuat dan diberi sangksi kepada yang melanggar, ya seperti ini jadinya. Mau ngak mau walaupun kami sebagai penguna jalan plus konsumen, setelah mengerutu ya berbuat salah juga, karena harus parkir dimana lagi.

Penyempitan ruas jalan yang di sebabkan oleh parkir sembarangan juga di tanggapi negatif oleh pengunjung salah satu toko, salah satu nya Aman Aisyah ( 45 tahun ).

Aman Aisyah, mengungkapkan sebenarnya kondisi ini juga membuat kami tidak nyaman disaat berbelanja, karena harus memarkirkan kendaraan di badan jalan sehingga kendaraan yang lain jadi sulit untuk melintasi jalan tersebut, karena terhalang mobil yang berparkir di kanan kiri jalan.

Kalau sore hari jalan ini memang sering macet, penyebabnya ya itu tadi selain badan jalan yang sempit tempat parkir untuk kendaraan yang tidak ada. Seharusnya Pemkab Aceh Tengah melalui camat kota Takengon mencari solusi agar kemacetan tidak sering terjadi di sore hari, salah satunya mungkin dengan menertibkan pedagang agar tidak mengelar atau memajang dagangannya di teras toko sehingga teras dapat digunakan sebagai tempat parkir kendaraan. Dan menyediakan petugas parkir di jalan lintang, sehingga disaat sepi dan ramai tidak mempengaruhi jalan, mungkin itu sebuah solusi kecil, kata fahmi salah seorang pedagang yang ada di jalan Lintang.

Fahmi juga menambahkan, selain kecilnya badan jalan kesadaran masyarakat juga kita lihat masih sangat minim, sehingga perlu adanya peran serta pemerintah melalui dinas terkait, seperti dinas perhubungan Lantas Polres Aceh Tengah juga Polsek kota, untuk tidak bosan-bosannya memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan, untuk membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah ketertiban.(Chaidir)

Jasa Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *